10/01/12

Arti Hidup

Kadang kita gak tau apa sebenarnya yang kita cari dalam kehidupan. Kesuksesan? Cinta? Atau akhirat? Manusia diciptakan sangat berbeda-beda, kembar identik pun pasti ada bedanya. Haha, jangan diambil terlalu serius, ini cuma tulisan iseng dan murahan yang ditulis oleh pria galau tengah malam yang bingung mau ngapain setelah ditinggal kekasihnya *curhat.

Back to the topic, apa sih yang lo, gw, kalian, dan mereka cari dalam kehidupan? Beberapa ada yang berkata, "Udahlah, jalanin aja hidup. Apapun rasanya, itu cuma sekali". Gak peduli buat apapun lo hidup, jalanin aja. Well, it sounds simple. Tapi gak akan simpel ketika lo tau betapa jalannya hidup itu gak pernah rata kayak jalanan di pinggiran Jakarta, gak pernah sama rasanya setiap detik kayak lo mengkonsumsi magic mushroom. Mungkin bahasa gaulnya orang-orang tipe beginian disebutnya orang "Let it flow". Karena pasti kalo ditanya, jawabnya "Let it flow aja coy", haha. Memang sesekali kita perlu ngerasain yang beginian. Emak gw mungkin salah satu orang tipe beginian nih, beliau berkata bahwa hidup jangan ambil pusing coy, jalanin aja yang penting bahagia, asik. Gw belajar banyak dari beliau, selain karena beliau agak sekuler, hidup beliau itu lancar-lancar aja. Kagak pernah yang namanya sakit hati ditinggal pacar *curhat. By the way, tujuan akhir dari hidup (menurut orang-orang let it flow) mungkin adalah kesuksesan. Yap, jalanin hidup apa adanya, bahagia, dan sebisa mungkin gapai kesuksesan. Wah, asik ya? Tapi kadang yang beginian kalo udah kena yang namanya nikmat sesaat bakalan berabe urusannya. Narkoba, pergaulan bebas, dan lainnya sangat mudah menjerat orang-orang beginian nih. Tapi slowjoy (slow dan enjoy), lo pasti tau kan batasan-batasan yang bener. Nah mungkin itu yang bisa jadi tameng lo kalo lo milih jalan ini.

Ada lagi yang bilang kalo hidup itu untuk cinta. Ngutip kata-kata paman ane, John Lennon ketika beliau masih hidup dan aktif nge-band, dia berkata, "All you need is love", asik gak tuh, haha. Pokoknya apa-apa dikaitin sama cinta dah. Orang ngasi lo hadiah, lo balik ngasi hadiah, atas dasar cinta, asik, haha. Pokoknya hidup berasa indah banget, gak ada yang namanya prasangka buruk. Hidup kayak begini pasti kita pernah kita rasakan, ketika sama kekasih, sama pasangan kita, sama keluarga atau bahkan sama temen-temen. Rasanya asik, lepas gitu aja, karena lo tau, ada dan banyak orang yang cinta dan sayang sama lo. Tapi jeleknya nih, yang beginian seringkali ngerasain yang namanya sakit coy. Sakit hati contohnya *curhat. Lo jadi gampang kecewa coy, ditinggal pacar nangis *curhat, ditinggal temen ngambek, ditinggal orang tua jadi memble, haha. Orang beginian mungkin gw sebut pacifista aja kali ya, kalo salah maaf ya. Kita sebetulnya butuh banyak orang yang begini ini, pasti dunia damai deh kalo banyak orang yang merasa bahwa di dunia itu lo cuma perlu cinta, asik. Bayangin aja kalo ada temen lo yang baru jadian, pasti ada yang namanya PJ (Pajak Jadian) kan? Lo pasti sering nagih kan? Haha, ketauan kan lo anak kost bege, kagak punya duit akhir bulan minta PJ sama temen *curhat. Nah, sekarang bayangin kalo tiap hari ada PJ, wah, isi dompet awet coy, haha. Gw mungkin termasuk jenis ini nih, karena gw sering bingung, kenapa ya orang kok bisa jahat sama orang lain? Gw selalu berpikir kalo semua manusia itu baik, setidaknya ada lah sisi baiknya. Kenapa gitu harus nyakitin yang lain? Tapi yang perlu lo waspadai sebenarnya adalah realita itu sendiri. Lo harus sadar (padahal gw sendiri gak sadar-sadar) kalo dunia itu gak sebaik yang lo pikir, dunia itu keras coy, asik. Semua orang punya kepentingan yang mungkin harus mengorbankan atau memakan kepentingan lo biar kepentingannya bisa tercapai.

Yang terakhir itu jenis para ulama, haha, yang percaya bahwa hidup itu cuma kedai coy, lo cuma masuk, mesen minuman, trus lo lanjut lagi ke akhirat. Orang kayak beginian gak punya rasa khawatir, bener deh. Coba lo tanya ustad-ustad atau temen lo yang punya komuk (muka) mirip sajadah, haha, becanda. Misalkan dia dapet sial, pasti jawabnya, "Semua ada jalannya" atau "Itu rencana Tuhan", haha. Sebetulnya gw gak mau panjang-panjang nulis yang tipe ini, tapi berhubung gw baru baca bukunya Karen Armstrong yang judulnya A History of God, gw jadi mau komentar banyak. Jeleknya nih ya, orang macem gini tuh sering kena sial, dan gak mau ngelaporin. Kenapa gitu? Sering banget nih gw nemuin orang macem gini, misalkan dia kehilangan handphone, dia gak mau lapor ke petugas yang berwajib, setidaknya satpam atau siapalah gitu, pasti nanti bilangnya, "Biarlah, nanti biar dibales sama yang diatas". Nah kan, siapa pula yang diatas? Tukang genteng? Kalo ada beginian gimana mau maju coba Indonesia? Makan gaji buta dong petugas keamanan? Mungkin bokap gw adalah contoh yang bagus dari tipe ini. Beliau religius coy, tapi gak pernah maksa anaknya buat ngikutin dia, haha, maklum keluarga gw keluarga liberal, apa-apa bebas. Beliau sering bilang jangan suka mendendam, karena nanti udah ada jatah pembalasan sama yang diatas. Gw nangkep maksud bokap gw, tapi seiring zaman, gw menemukan teori konspirasi bahwa kehadiran Tuhan itu cuma untuk menghilangkan kekhawatiran kita aja atas sesuatu yang kita tidak mengerti. Mungkinkah begitu? Mungkin juga tidak.

Well, itulah sedikit cuap-cuap yang mungkin bisa gw share di malam yang galau ini. Coba lo pikir, lo kasi tau gw kalo ada yang salah. Apa sih sebenernya yang kita cari dalam kehidupan? Sukses? Cinta? Akhirat? Atau ketiganya? Atau lo bahkan punya teori lain? Haha. Good nite! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar